BLOG Kumpulan Skripsi Super Lengkap

Kumpulan Skripsi Terdiri dari Berbagai Jurusan di Indonesia

ABSTRAK

Ismail, Walid 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Teknik Dramatisasi pada Siswa Kelas X MA Nurul Hikmah Kecer Dasuk  Sumenep Tahun Pelajaran 2009 / 2010.

Kata Kunci : Membaca Puisi, Dramatisasi

Sebuah puisi dapat dinikmati ketika dibaca. Pembacaan puisi dengan benar akan menambah rasa nikmat itu. Hal itulah yang menjadi sebab mengapa kompetensi membaca indah puisi perlu dikuasai kepada para siswa. Untuk meningkatkan kompetensi membaca puisi, guru perlu mengupayakan teknik yang baik yang dapat membantu siswa dalam membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang baik. Teknik yang baik sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam membaca puisi secara benar. Salah satu contoh teknik untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi  adalah teknik dramatisasi puisi. Secara umum, konsep dramatisasi puisi bermakna mementaskan puisi secara teateral dengan menggunakan konvensi-konvensi teater. Dalam penelitian ini, masalah-masalah yang dikaji meliputi : 1) perencanaan pembelajaran mening-katkan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi, 2) pelaksanaan pembelajaran peningkatan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi, dan 3) hasil pembelajaran peningkatan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran peningkatan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi, dan 3) mendeskripsikan hasil pembelajaran peningkatan kemampuan membaca puisi dengan teknik dramatisasi.

Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu “teknik dramatisasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas X MA Nurul Hikmah Kecer Dasuk Sumenep tahun pelajaran 2009 / 2010″.

Waktu penelitian dilasanakan mulai tanggal 7 s/d 14 September 2009 di kelas X MA Nurul Hikmah Kecer Dasuk. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar dan observasi. Untuk penyajian data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dibaca dengan teknik analisa diskriptif.

Pada akhir pelaksanaan tindakan pada setiap siklus tampak ada pening-katan rasa senang, antusias dan keaktifan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, hasil pembelajaran disetiap siklus meningkat. Nilai rata-rata siswa sebelum diadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu 55,33, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 76,67 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,22. Prosesntase kenaikan nilai rata-rata ulangan harian sebelum diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke siklus I naik sebesar 38,57% dan dari siklus I ke siklus II naik 12,46%.

Berdasarkan hasil analisa dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik dramatisasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas X MA Nurul Hikmah Kecer Dasuk Sumenep tahun pelajaran 2009 / 2010. Berdasar-kan hasil penelitian ini, disarankan agar guru hendaknya selalu aktif dalam meli-batkan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan memilih metode ataupun teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi pokok akan diajarkan.

Ambil filenya di halaman Kumpulan Skripsi atau www.kumpulan-skripsi.com


Login Member

Username


Password


 Daftar - Lupa Password?

DVD Koleksi 6.500+ Skripsi

Kumpulan Skripsi

Kategori Skripsi Yang Ada

» Kategori Skripsi + Tesis Lihat di sini

KS on Network

W3 Directory - the World Wide Web Directory