Rabu, Agustus 22, 2018
Home > Blog > Peran Guru Dalam Menganalisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang

Peran Guru Dalam Menganalisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang

ABSTRAK

Murdiyanti. 2012. Peran Guru Dalam Menganalisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang. Fakultas Tarbiyah. Sekolah Tinggi Islam Karimiah (STIA) Sumenep.

Kata Kunci: Peran Guru, Kesulitan Membaca

Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital dalam suatu masyarakat terpelajar. Namun, siswa yang tidak memahami pentingnya belajar membaca tidak akan termotivasi untuk belajar. Belajar membaca merupakan usaha yang terus-menerus, dan siswa yang melihat tingginya nilai (value) membaca dalam kegiatan pribadinya akan lebih giat belajar dibandingkan dengan siswa yang tidak menemukan keuntungan dari kegiatan membaca. Kemampuan membaca yang dimiliki oleh seseorang merupakan modal utama dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain kemampuan membaca merupakan prasyarat utama dan merupakan kebutuhan pokok bagi seseorang untuk mencapai keberhasilan. Karena dengan membaca seseorang dapat dengan mudah untuk mengkaji berbagai ilmu pengetahuan.

Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kesulitan membaca siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang?, 2) bagaimana peran guru dalam menganalisis kesulitan membaca siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesulitan membaca siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Bilangan Batang-Batang, 2) mengetahui Negeri Bilangan Batang-Batang.

Penelitian ini masuk dalam Penelitian kualitatif, sebab pendekatan yang dilakukan adalah melaui pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap peran guru dalam menganalisis kesulitan membaca siswa di SDN Bilangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kesulitan membaca banyak dialami oleh siswa kelas III SDN Bilangan. Kesulitan membaca tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kemalasan atau kebodohan siswa saja tetapi juga dipengaruhi oleh faktor psikologis siswa seperti adanya gangguan pada saraf. Berbagai berbagai upaya telah digalakkan untuk menuntaskan kesulitan membaca yang masih banyak dialami oleh para siswa. mulai dari menganalisis, mencari penyebab, dan tindak lanjut. Peran guru sangat diperlukan dalam menganalisis kesulitan membaca siswa dengan tujuan agar didapat faktor penyebabnya sehingga dapat dicari jalan pemecahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com